Senin, 18 Oktober 2010

Energi Potensial Gravitasi dan Energi Potensial Pegas

Soal Energi Potensial Gravitasi dan Energi Potensial Pegas

1. Semakin tinggi suatu benda berada di atas permukaan tanah, semakin besar atau semakin kecil-kah Energi Potensial benda tersebut ? jelaskan!

2. Ketika dirimu melompat setinggi mungkin, berapakah kira-kira perubahan Energi Potensial gravitasi ?

3. Kapan Energi Potensial pegas = 0 ?
4. Mengapa lebih mudah memanjat bukit melalui jalan yang lintasannya berliku-liku daripada jalan yang menanjak lurus ke atas ? jelaskan
5. Buah kelapa bermassa 1 kg yang sedang menggelayut di atas dahan pohon kelapa memiliki Energi Potensial sebesar 10 Joule. Berapakah ketinggian buah kelapa tersebut dari permukaan tanah ? (g = 10 m/s2)
6. Seorang pemanjat tebing bermassa 60 Kg memanjat sebuah tebing yang tingginya 10 meter. Berapakah usaha yang dibutuhkan ? (g = 10 m/s2)
7. Berapakah ketinggian yang akan dicapai bola yang massanya 0,2 kg jika dilemparkan lurus ke atas oleh seseorang yang melakukan usaha 100 Joule pada bola tersebut ? (g = 10 m/s2)
8. Sebuah pegas memiliki konstanta pegas sebesar 200 N/m. Seberapa jauh-kah pegas ini harus direntangkan agar menyimpan energi potensial sebesar 20 Joule ?

9. Sebuah benda bermassa 10 kg meluncur pada bidang miring licin yang membentuk sudut 30o terhadap horisontal. Jika benda bergerak sejauh 2 meter, berapakah u

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar